Sabtu, 10 Desember 2016

3 Cara Menghapus Write Protect Pada Flashdisk



menghapus write protect
Loh kok gak bisa copy file ke flashdisk? Loh, kok flasdisknya gak bisa di format?” Jika pernah mengalami hal semacam itu, tandanya write-protection Flashdisk aktif. 


Beberapa tipe flashdisk atau SD Card mempuyai  switch on/off write-protection. Ketika switch tersebut pada posisi on, artinya siwtch tersebut mencegah file dari penghapusan atau file baru disalin kedalam flashdisk. Saat flashdisk kita format, sistem operasi memberitahukan bahwa flashdisk tersebut telah di-write-protect. Jika flashdisk kita ada switch on/off-nya, maka geser saja switch ke posisi off. Tapi, bagaimana jika flashdisk kita tidak ada switch on/off-nya? Biasanya file yang tersimpan di flashdisk masih bisa diakses dan dibuka, tetapi tidak bisa dimodifikasi atau dihapus. Begini cara mengatasinya.
 



1. Menggunakan regedit.exe

menghapus write protect regedit


Sambungkan flashdisk ke komputer dan tekan tombol windows + R untuk membuka menu run kemudian ketik regedit.

Buka key berikut :

Computer\HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\StorageDevicePolicies



menghapus write protect storage device policies

Klik dua kali pada WriteProtect vale pada sebelah kanan regedit. Ubah nilai data dari 1 ke 0. Klik OK untuk menyimpan setting. Selanjutnya tutup regedit dan eject flashdisk dan restart komputer. Sekarang sambungkan kembali flashdik ke komputer dan seharusnya write-protect sudah hilang dan data pada flashdisk bisa ditambah, dihapus atau dimodifikasi. Tapi bagaimana jika key StorageDevicePolicies tidak ada di registry? Kita lanjut ke cara kedua.

2.  StorageDevicePolicies
Jika tidak bisa menemukan key StorageDevicePolicies, kita bisa membuatnya dengan cara klik kanan pada space putih di folder Control dan pilih New -> Key dan ketikan StorageDevicePolicies.
 


menghapus write protect
 
Sekarang klik dua kali pada key StorageDevicePolicies yang baru kita buat, kemudian klik kanan dan pilih New -> DWORD. Beri nama WriteProtect dan set nilainya 0. Klik OK, keluar regedit, eject flashdisk dan restart komputer. Jika cara ini tidak berhasil. Kita lanjutkan ke cara nomor 3.

3. Menggunakan Diskpart 
 Untuk menggunakan cara ini, kita harus membuka Command Promt dengan level Administrator. Sebelum membuka command prompt, sambungkan dulu flashdik ke komputer. Jika kamu menggunakan sistem operasi Windows7 kebawah, klik start -> All Program -> Accessories -> klik kanan pada Command Prompt dan pilih Run As Administrator.
Untuk windows 8, tekan tombol Windows + S, ketik cmd, klik kanan pada Command Prompt dan pilih Run as Administrator.

menghapus write protect command prompt, cmd

: Note : Dengan menggunakan Command Prompt untuk menhapus write-protect, kita juga akan memformat flashdisk kita.

diskpart menghapus write protect

  • Ketik diskpart, tekan enter.
  • Ketik list disk, tekan enter. Akan muncul daftar drive yang tersambung di komputer. Pilih nomor lokasi flashdisk kita (pada komputer dengan 1 harddisk, maka urutannya lokasi 0 untuk harddisk, dan 1 untuk flashdisk, pastikan pula kapasitas flashdisk yang terbaca di command prompt sesuai dengan kapasitas flashdisk yang bermasalah)
  • Ketik select disk 1
  • Ketik, attributes disk clear readonly, tekan enter.
  • Ketik clean
  • Ketik create partition primary, enter
  • Terakhir, ketik format fs=fat32, tekan enter dan tunggu proses formatting sampai 100%, kemudian ketik exit. 
Kemudian komputer secara otomatis akan membaca flashdisk sebagai drive baru. Itulah 3 cara untuk menghapus write-protect pada flashdisk. Jangan lupa bookmark dan share ya.




EmoticonEmoticon