Senin, 12 Desember 2016

7 Bumi Layak Huni Baru

   Luar angkasa adalah tempat yang sangat luas, banyak orang bermimpi untuk bisa mengunjungi luar angkasa. Tahukah sobat diluar sana banyak sekali planet-planet, tapi tidak semuanya layak huni. Berikut 7 planet bumi layak huni baru diluar tata surya kita, Bima Sakti. Semua planet tersebut belada di zona “Goldilock” artinya planet tersebut tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin untuk mensuplai kehidupan.

Planet Layak Huni



 Gliese 581 d
(6 kali lebih besar dari Bumi)
____________________________
 
Planet Baru
Planet ini mengorbit Gliese 581 red star, yang mana sudah cukup dikenal oleh para pemburu planet. Jaraknya 20.2 tahun cahaya dari Bumi dan berada diluar zona layak huni, meskipun begitu masih ada kemungkinan akan adanya air di planet tersebut. Satu tahun di sana sama dengan 66.87 hari. Planet ini juga dianggap sebagai planet yang dingin karena tidak mempunyai atmosfir. Bumi juga bisa saja menjadi planet dingin jika tidak mempunyai atmosfir dengan rata-rata suhu -18°C.


HD 85512 b 
(si planet awan)
____________________________

Planet Bumi Baru

Ukurannya 3,6 kali lebih besar dari Bumi, dengan gravitasi hanya 1.4g, meskipun dengan ukurannya yang besar, satu tahun disana hanya 54 hari dan hanya satu sisinya saja yang menghadap matahari, artinya disana akan ada siang abadi dan malam abadi. Meskipun kondisi seperti itu banyak dijumpai di planet-planet lainnya dan mengurangi persentase kemungkinan adanya kehidupan, bukan berarti hidup disana adalah hal yang mustahil.


Kepler-69c 
(si mirip Venus)
____________________________


Dengan ukuran 1,7 kali Bumi, berada di zona layak huni dan kemungkinan adanya air di permukaanya. Apa yang salah? Beberapa ilmuwan berpendapat inilah kandidat utama planet yang ditingali alien. Satu tahun disana sama dengan 242 hari, hampir sama dengan satu tahun di Bumi.







Kepler 62f
(si Planet Batu)
____________________________
 
Ukurannya 1.4 kali Bumi dan mataharinya lebih kecil dan lebih redup dibanding matahari Bumi. Mempunyai permukaan berbatu seperti Bumi dengan kemungkinan besar adanya air. Planet ini ada di daftar target buruan SETI (the Search for Extraterrestrial Intelligence). Sayangnya jarak dari Bumi 1200 tahun cahaya. So far away. 


Kepler-62e
(hangat dan berawan)
____________________________



Planet dengan permukaan berbatu yang memungkinkan adanya air ini berukuran 1.6 kali Bumi. Satu tahun disana 122 hari dan jaraknya 1200 tahun cahaya dari Bumi jauhnya. Panet ini mempunyai langit yang berawan dan kemungkinan
suhu permukaannya hangat dan lembab.



Gliese 581 g 
(saudara Bumi)
____________________________



Ukurannya 1.5 kali Bumi dan menerima jumlah cahaya matahari yang hampir sama degan  Bumi. Gliese 581 g berada dalam zona layak huni meskipun suhu berkisar antara -37 sampai -12°C, planet yang dingin di zona layak huni. Permukaan berbatunya memungkinkan adanya air. 

Kepler-22b 
(rumah masa depan)
____________________________



Planet ini berukuran 2.4 kali Bumi dan mempunyai kemungkinan terbesar adanya air dari semua planet layak huni lainnya. Jika sesuatu terjadi pada Bumi, mungkin inilah planet berikutnya yang akan dihuni manusia. Temperatur disana berkisar -11°C sampai 22°C. Faktanya planet ini mungkin kaya akan air dan menjadi planet lautan. Jika hal itu benar, mungkinkah sudah ada kehidupan disana?



Semua planet yang disebutkan diatas sejauh ini berukuran lebih besar dari Bumi, maka dari itu mereka disebut “Super Earth” yang berarti mereka berukuran lebih besar dari Bumi, tetapi memiliki karakteristik yang mirip Bumi. Sobat mau pilih tinggal di planet mana?
Jangan lupa bookmark dan share ya.




EmoticonEmoticon