Jumat, 09 Desember 2016

MENGENAL PERANGKAT PERANGKAT YANG BERHUBUNGAN DENGAN Local Area Network





      Local Area Network adalah Jaringan komputer dengan jangkauan area yang terbatas atau masih satu lokal area public.
Local Area Network Cocok untuk perusahaan yang baru berkembang ataupun sebuah rumah yang memerlukan akses internet wifi.
     Langsung saja si otak udang akan menggambarkan sedikit penjelasan tentang apa saja perangkat yang berhubungan dengan Local Area Network.


1.       Modem
     Modem adalah bagian terpenting dari sebuah akses utama jaringan Komputer, dimana modem berperan sebagai penghubung antara link DNS server dengan link local yang akan kita buat. Bahasa sederhana modem adalah perangkat yang bertugas sebagai penghubung akses internet dengan komputer kita. Pada saat ini jasa penyedia internet sudah banyak dan tidak hanya berpatokan pada speedy. Ada yang menggunakan sarana kabel telepon (Tembaga), kabel Fiber Optic (FO), bahkan antenna Grid (memakai system Radio Wireless).


2.       Swicth / Hub
Switch dan Hub disini banyak sekali kekeliruan yang berkembang dimasyarakat, jika kita googling apa itu pengertian Switch dan Hub pasti tidak sedikit artikel yang membahasa dengan bahasa teoritis yang mungkin hanya orang IT yang paham artinya.  Switch yang berkembang dimasyarakat saat ini mempunya beberapa versi diantaranya switch dengan jumlah port terbatas 8port, 16port, dan 32port.
Ada switch yang managable dan ada yang tidak. Ada swicht support Vlan dan ada juga yang tidak. Begitu pun juga HUB. Intinya Swicth dan Hub mempunyai tugas yang sama pada jaringan komputer sebagai alat penghubung antara komputer client- switch-swicth, link- link. Khusus untuk link to link harus diberi alat yang bernama routerboard.

3.       Routerbord
Routerboard sebenarnya penting gak penting sih alat ini. Sebenarnya alat ini berfungsi untuk menagemen bandwidth yang kita punya, Mengontrol akses link, mengontrol aktivitas user membuat vlan id dan juga menggabungkan dua jaringan yang berbeda menjadi satu jaringan.



4.       Accespoint (Wifi)
Bagi kalangan anak muda yang sering kongkow, atau kopdar pasti tau nih apa itu wifi.??

Accespoint adalah sebuah perangkat yang berfungsi untuk menyebarkan koneksi internet melalui jaringan wireless (jaringan nirkabel). Jaringan nirkabel itu kita kenal dengan nama wifi  (Wireless Fidetely).

5.       Kabel Lan UTP
Kabel lan UTP (Unshielded Twisted Pair)  jarang sekali artikel yang membahas tentang kabel Lan pada judul artikel tentang jaringan komputer.
Kabel Lan adalah salah satu bagian terpenting untuk menghubungkan semua perangkat (device) jaringan dari router, switch, Hub , accespoint, modem , bahkan komputer client dan server. Kabel lan utp hanya mampu bekerja maksimal di area indoor, dan yang sering terjadi permasalahan dilapangan kabel LAN ini hanya mampu mengantarkan power and data service maksimal 30 Meter untuk kabel LAN bermerek USA belden ,AMP Maupun ZTE. Ada dua teknik untuk pengkrimpingan kabel ini. (yang pertama menggunakan teknik cross ever dan straigt). Tergantung jenis mana perangkat yang akan kita hubungkan.

6.       Kabel Lan STP
Kabel Lan STP (Shielded Twisted Pair) Jenis kabel LAN yang fungsinya sama dengan kabel LAN UTP tetapi ini dikhusus kan untuk wilayah outdoor dan jangkauan pemakainya pun bisa luas, bisa mengantarkan power and data service lebih dari 60 sampai 90 batas maksimum jarak.
Jika kita mengacu pada kondisi lapangan. Kegunaannyapun sama menghubungkan perangkat yang satu dan perangkat yang lain. Walaupun ini dikhususkan untuk outdoor tetapi bukan berarti ini tidak bisa bisa digunakan unjtuk indoor. Kabel lan STP ini sangat sangat bisa digunakan untuk indoor tetapi mungkin dari segi biaya ini akan membutuhkan biaya yang sangat mahal diibandingkan Kabel LAN UTP.

7.       RG 45
RG45 Adalah sebuat perangkat yang berfungsi sebagai konektor kabel dan perangkat yang mempunyai port Ethernet. Tidak banyak penjelasan banyak penjelasan tentang RG 45 tetapi ini mempunyai standart pada saat pembelian merk pada saat dilapangan. Yang sering digunakan adalah RG45 dengan merk AMP original USA dengan kisaran harga 6.000 Sampai 10.000 per buah.


8.       Wallmount Rack Server
Alat ini sangat berfungsi ketika perangkat atau device kita lebih dari 3. 
Didalam wallmount Rack Server mempunyai kipas pendingin yang fungsinya untuk menstabilkan udara yang ada didalam rack server sehingga perangkat perangkat yang ada didalamnya dapat terlindungi dengan baik dari molekul molekul udara panas yang akan menyebabkan terjadinya kerusakan pada sebuah perangkat.


EmoticonEmoticon