Kamis, 03 Mei 2018

Apa Itu DarNet dan Bagaimana Cara Mengaksesnya?




Hallo brodang, kali ini Otak Udang akan membagikan informasi mengenai Apa itu DarkNet dan bagaimana cara mengaksesnya? Mungkin sebagian dari kalian sudah tahu bagian Internet yang misterius dan tersembunyi, “DarkNet” atau “Deep Web”, yang tidak bisa kalian akses dari Google atau search engine lainnya. Mungkin kamu juga pernah mendengar hacker menjual informasi mengenai data kartu kredit, kebocoran data atau data-data sensitif lainnya. Ya, itu dilakukan di “DarkNet”


Apa itu DarkNet?
Sebelumnya kamu harus mengetahui apa itu Deep Web. Deep Web adalah 99% dari Internet yang tidak bisa diakses melalui Google. Deep Web termasuk kumpulan-kumpulan informasi, database dan konten yang tidak bisa diakses publik.
Dark Net adalah hamparan jaringan yang hanya bisa diakses melalui software, konfigurasi dan autorisasi khusus. Dark Net adalah bagian dari Deep Web, kenapa demikian? Karena konten pada Dark Net tidak bisa kita akses melalui search engine. Tapi Dark Net lebih dari itu, Dark Net bersifat anonym. Dark Net menampung website-website anonym. Yup, betul, kita tidak akan mengetahui siapa pemilik website itu meskipun kita menggunakan cara-cara tertentu kecuali si pemilik website tersebut mempublikasikan secara eksplisit bahwa dialah pemilik website tersebut. Pun juga bagi user Dark Net, semua bersifat anonym. Anonimitas Dark Net biasanya didapat dengan menggunakan ‘Onion Network’. Onion? Bawang maksudnya? Iya, kata onion memang berarti bawang, kenapa demikian? Pernahkah kamu memotong bawang? Berapa banyak jumlah lapisan yang ada disana? Banyak sekali bukan? Yup, konsep yang sama diterapkan juka kamu menggunakan onion network. Terdapat banyak sekali lapisan-lapisan yang ter-enkripsi yang menyembunyikan identitas kamu.



Kegunaan Dark Net
Setelah mengetahui apa itu Dark Net, sekarang mungkin kita bertanya kenapa harus menggunakan Dark Net? Alasannya bisa jadi salah satu dari di bawah ini :
  •         Untuk melindungi privasi dengan lebih baik lagi.
  •          Menyebarkan informasi tanpa diketahui.
  •       Hacking, atau kejahatan computer. Mungkin saja kamu ingin chatting sama hacker-hacker disana.
  •          Jual beli benda illegal atau terlarang
  •          File sharing.



Bagaimana cara Mengakses Dark Net?
Nah bagaimana sih cara mengakses Dark Net? Cara yang paling popular adalah dengan menggunakan TOR browser. TOR kependekan dari ‘ The Onion Router’ dan cara menginstallnya sama saja seperti menginstal browser baru.
Setelah menginstal TOR browser, tentu kamu membutuhkan URL atau direktori yang mengandung URL ke website-website berbeda di dalam Dark Net. Kamu bisa dengan mudah mendapatkan daftar URL di Direktori Onion Dark Net di sini http://am4wuhz3zifexz5u.onion/ atau Google saja dengan kata kunci “DarknetSites.” Dan pastikan kamu menggunakan TOR browser.
Di dalam DarkNet punya search engine juga, biasanya orang yang mengakses DarkNet menggunakan search engine Torch, Duck Duck Go, dan lain-lain. Jika kamu mau mengakses DarkNet dari telpon seluler, kamu bisa menggunakan ORBOT yang bisa kamu download di Google Play Store.
DarkNet adalah rumah bagi segala yang illegal atau terlarang, di sana kamu juga mungkin bakal menemui sesuatu yang tidak ingin kamu ketahui, atau mengalami sesuatu yang tidak kamu inginkan. Jadi berhati-hatilah saat mengunjungi DarkNet.


EmoticonEmoticon